SEO adalah Search Engine Optimization atau dikenal sebagai teknik pengoptimasian sebuah situs atau website agar mudah terindeks oleh mesin pencari yang dapat dilakukan dengan berbagai teknik. Dengan kata lain SEO mempunyai peranan penting terhadap keberhasilan suatu situs, Hal ini dapat digambarkan dengan mudah nya sebuah situs dapat ditemukan oleh Google atau Yahoo serta berbagai situs pencari lainnya berdasarkan kata kunci ( keyword ) yang digunakan sebagai judul atau headline dari sebuah topik yang dibahas pada situs tersebut atau sebagai nama domain yang mendeskripsikan jenis situs tersebut. Cth : Jika anda ingin berjualan baju anak secara grosir dan ingin menawarkan produk anda melalui sebuah toko online, maka anda dapat menuliskan nama domain toko online anda seperti grosirbajuanak.com, dsb.
SEO Untuk Toko Online
SEO bagi sebuah toko online sangatlah penting untuk meningkatkan traffic sebuah toko online dan juga bisa meningkatkan penjualan dari toko online tersebut. Tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan bagi SEO untuk web berita atau artikel dengan situs toko online. hanya yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari pembuatan situs tersebut. Situs-situs informasi kebanyakan cendrung pada penyajian informasi dan pendapatan pemasangan iklan dari perusahaan-perusahaan atau instansi yang memanfaatkan popularitas suatu website untuk berpromo di situs tersebut melalui ruang iklan yang telah disediakan bagi pemasang iklan. dan tentunya mereka akan mendapatkan income dari jasa pemasangan iklan tersebut sesuai harga penawaran yang mereka berikan. Sementara situs toko online lebih fokus menawarkan produk atau jasa kepada masyarakat melalui pemasaran berbasis internet, dengan menempatkan ( display ) produk-produk yang ditawarkan dengan tampilan situs yang sangat menarik serta menu-menu pendukung sebagai petunjuk bagaimana cara bertransaksi atau membeli produk tersebut.
Mengoptimalkan sebuah toko online untuk mesin pencari tentu saja memiliki banyak perbedaan dengan jenis website lainnya. Seperti blog, berita online, forum, situs social media dll.
SEO Untuk Toko Online
SEO bagi sebuah toko online sangatlah penting untuk meningkatkan traffic sebuah toko online dan juga bisa meningkatkan penjualan dari toko online tersebut. Tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan bagi SEO untuk web berita atau artikel dengan situs toko online. hanya yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari pembuatan situs tersebut. Situs-situs informasi kebanyakan cendrung pada penyajian informasi dan pendapatan pemasangan iklan dari perusahaan-perusahaan atau instansi yang memanfaatkan popularitas suatu website untuk berpromo di situs tersebut melalui ruang iklan yang telah disediakan bagi pemasang iklan. dan tentunya mereka akan mendapatkan income dari jasa pemasangan iklan tersebut sesuai harga penawaran yang mereka berikan. Sementara situs toko online lebih fokus menawarkan produk atau jasa kepada masyarakat melalui pemasaran berbasis internet, dengan menempatkan ( display ) produk-produk yang ditawarkan dengan tampilan situs yang sangat menarik serta menu-menu pendukung sebagai petunjuk bagaimana cara bertransaksi atau membeli produk tersebut.
Mengoptimalkan sebuah toko online untuk mesin pencari tentu saja memiliki banyak perbedaan dengan jenis website lainnya. Seperti blog, berita online, forum, situs social media dll.
Masalah yang dihadapi pemilik dan / atau pembuat toko online untuk mengembangkan bisnisnya melalui pengoptimalan mesin pencari yaitu:
- Tidak ada satu pun Web Master yang suka memberi link ke halaman penjualan. Kecuali jika Anda mempunyai program afiliasi.
- Ide konten cukup sulit, sempit dan terbatas. Toko online (murni) akan jarang diupdate, seringkali hanya jika ada produk baru.
- Sebuah toko online biasanya dibangun dengan CMS (Content Management System), yang sayangnya banyak yang tidak SEO Friendly.
Saya tidak ingin menakut-nakuti Anda dengan banyak masalah, tetapi saya hanya ingin mendeskripsikan masalah tersebut dengan tujuan Anda bisa mengenalinya. Dengan begitu akan memudahkan Anda membuat strategi sendiri.
Tapi saya telah membuatkan Anda 4 prinsip yang harus Anda ikuti:
- Mulai lah dari pengoptimalan halaman yang tepat. Mulailah dengan mengoptimalkan halaman produk terbaik Anda, best seller dll.
- Jauhi cara membangun link yang tidak etis.
- Link internal dan site arsitektur adalah senjata andalan kita. (merujuk pada masalah point satu – jarang ada webmaster yang melinking ke halaman produk.)
- Buat blog untuk toko online itu, yang berisi konten yang memiliki kesamaan topik dengan apa yang Anda jual. Yang mengandung artikel non promosi atau sedikit saja. Dengan membuat blog diharapkan ada yang melinking Anda. Jika berhasil domain rank toko online Anda juga naik.
Oke, Anda telah mengetahui masalah dan 4 prinsip pemecahannya. Saya akan memberikan penjelasan yang lebih teknis lagi.
Pengoptimalan Halaman Produk (On Page)
1. Nama Produk. Gunakan sebagai atau masukkan dalam judul halaman dan title tag.
2. Deskripsi produk. Yang terbaik bagi kita adalah menggunakan nama produk dan kategori produk, yang ditulis dengan teknik copywriting. Semisal [nama produk] terbuat dari bahan kulit asli. Gunakan [nama produk] ini agar Anda [benefit] sehingga [benefit].
3. Masukkan juga nama produk anda di URL Halaman dan Gambar. Untuk gambar di alt tag dan nama filenya.
4. Jika Anda mempunyai toko offline, gunakan kata kunci jenis lokal. Misal, Kaos Oblong Cak Cuk Surabaya, Kaos Joger Asli Bali, dll.
5. Update Halaman Depan Secara Berkala. Update halaman depan dengan menampilkan artikel baru di blog Anda. Atau tweet terbaru Anda.
6. Related Produk . buat item-item produk sejenis di halaman single produk, selain membantu pengunjung memilih, ini akan membantu semua halaman Anda terlingking satu sama lain.
7. FAQ. Jika Anda belum membuatnya, buatlah sekarang. Anda bisa memikirkan kira-kira pertanyaan apa yang dilontarkan pengunjung Anda, kemudian jawab itu di halaman tersebut. Pada kasus ini Anda bisa menjawab, cara pemesanan, system pengiriman, pembayaran, dll. Kemudian linking ke halaman-halaman penting.
Off Site Optimization untuk Toko Online:
1. Buat Ebook. Tentu saja ebook yang berhubungan dengan bisnis Anda, semisal price list atau form pengajuan menjadi partner. Kemudian distribusikan.
2. Guest Post. Jika Anda telah membuat blog untuk toko online Anda, sudah pasti wajar melakukan guest posting di blog lain.
3. Video Review. Upload video review produk Anda di Youtube, Flickr dan Yahoo Video.
4. Aktif di Forum Online.
Mark Up Menggunakan Schema.org
Beruntung bagi kita. Mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing mempunyai rich snippet untuk halaman produk. Jadi mengapa tidak kita gunakan?Tujuan dari mark up ini adalah meningkatkan CTR di hasil pencarian dengan menampilkan hasil SERPs yang berbeda dari yang lain. Seperti ini:
Anda bisa mempelajari cara mark up-nya di schema.org, kemudian test dengangoogle rich snippet tools. Saya juga menggunakan ini di blog ini, untuk contoh penggunaannya saya menggunakan schema.org untuk person (orang), karena blog ini belum punya produk. Lihat hasilnya: (berdasarkan alat testingnya Google)
Sumber : www.pengunjungblog.com dan berbagai sumber.

0 Komentar