Ketika anda membuka usaha toko offline dan online, pemasaran dan pemasangan iklan adalah hal paling utama yang anda pikirkan untuk bisnis anda. Pemasaran online adalah cara yang akan anda lakukan untuk usaha toko anda baik offline maupun online.
Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pemasaran online ini, antara lain :
1. Iklan kan Produk atau Jasa anda di media massa. ini merupakan cara yang cukup efektif untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, dan kita bisa menggunakan cara ini. tetapi anda perlu ingat, berpromosi di media massa membutuhkan dana yang cukup besar dan anda harus mempertimbangkan untung dan rugi nya jika anda memutuskan berpromosi dengan cara ini.
2. Daftarkan feed untuk produk anda. mendaftarkan produk-produk anda yang terbaru pada situs peringkas berita ( feed ) bertujuan untuk menjangkau calon pembeli yang lebih luas. ringkasan mengenai produk-produk ini secara sederhana menampilkan tentang detil produk, foto produk, deskripsi produk, harga dan even khusus. Bentuk feed-feed untuk produk-produk bisa anda daftarkan di situs-situs iklan produk seperti tokobagus.com. berniaga.com, dll. atau bisa juga melalui mesin pencari dan feed pembaca.
3. Bagikan Pengetahuan Anda. Ada banyak yang bisa anda lakukan untuk menunjukan anda adalah seorang pakar yang berhubungan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. banyak para pemain retail atau pun toko online memnggunakan media artikel pemasaran dengan menulis konten-konten yang berkualitas yang berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan melalui blog atau situs yang mereka buat ataupun dalam bentuk selebaran. Artikel pemasaran dikenal memiliki kemampuan untuk menaikkan pamor dari toko online maupun retail itu sendiri selalin produk atau jasa yang ditawarkan.
4. Buatlah Newsletter. Newsletter dan Email marketing adalah kunci agar tetap bisa berhubungan dengan pelanggan yang telah anda kelola agar mengunjungi toko atau situs anda. Diperlukan banyak usaha untuk meningkatkan pelanggan. tidak ada salah nya juga jika anda membuatkan newsletter anda sendiri.
5. Daftarkan situs anda. Banyak para pemilik situs mendaftarkan situs nya ke mesin-mesin pencari besar lalu duduk menunggu pelanggan datang. Selain hal ini menjadi langkah penting bagi pemasaran online, pemilik situs sering mengunjungi semua direktori-direktori lain yang tersedia. Cari lah link direktori-direktori khusus dan situs yang mempunyai celah pasar bagi anda dengan mengisi informasi bisnis dan situs anda. selain direktori-direktori ini membantu menaikan link popularitas anda, tetapi juga dapat membawa target kunjungan yang cukup tinggi ke situs toko online anda.
Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pemasaran online ini, antara lain :
1. Iklan kan Produk atau Jasa anda di media massa. ini merupakan cara yang cukup efektif untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, dan kita bisa menggunakan cara ini. tetapi anda perlu ingat, berpromosi di media massa membutuhkan dana yang cukup besar dan anda harus mempertimbangkan untung dan rugi nya jika anda memutuskan berpromosi dengan cara ini.
2. Daftarkan feed untuk produk anda. mendaftarkan produk-produk anda yang terbaru pada situs peringkas berita ( feed ) bertujuan untuk menjangkau calon pembeli yang lebih luas. ringkasan mengenai produk-produk ini secara sederhana menampilkan tentang detil produk, foto produk, deskripsi produk, harga dan even khusus. Bentuk feed-feed untuk produk-produk bisa anda daftarkan di situs-situs iklan produk seperti tokobagus.com. berniaga.com, dll. atau bisa juga melalui mesin pencari dan feed pembaca.
3. Bagikan Pengetahuan Anda. Ada banyak yang bisa anda lakukan untuk menunjukan anda adalah seorang pakar yang berhubungan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. banyak para pemain retail atau pun toko online memnggunakan media artikel pemasaran dengan menulis konten-konten yang berkualitas yang berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan melalui blog atau situs yang mereka buat ataupun dalam bentuk selebaran. Artikel pemasaran dikenal memiliki kemampuan untuk menaikkan pamor dari toko online maupun retail itu sendiri selalin produk atau jasa yang ditawarkan.
4. Buatlah Newsletter. Newsletter dan Email marketing adalah kunci agar tetap bisa berhubungan dengan pelanggan yang telah anda kelola agar mengunjungi toko atau situs anda. Diperlukan banyak usaha untuk meningkatkan pelanggan. tidak ada salah nya juga jika anda membuatkan newsletter anda sendiri.
5. Daftarkan situs anda. Banyak para pemilik situs mendaftarkan situs nya ke mesin-mesin pencari besar lalu duduk menunggu pelanggan datang. Selain hal ini menjadi langkah penting bagi pemasaran online, pemilik situs sering mengunjungi semua direktori-direktori lain yang tersedia. Cari lah link direktori-direktori khusus dan situs yang mempunyai celah pasar bagi anda dengan mengisi informasi bisnis dan situs anda. selain direktori-direktori ini membantu menaikan link popularitas anda, tetapi juga dapat membawa target kunjungan yang cukup tinggi ke situs toko online anda.
6. Dapatkan daftar pelanggan lokal. Google, Yahoo, dan mesin pencari serta direktori-direktori lainnya bertujuan menciptakan pembeli-pembeli lokal dalam menemukan usaha anda, dengan menyediakan peta lokasi, jam operasional dan bahkan kupon-kupon. Banyak dari daftar-daftar ini gratis dengan pilihan tertentu yang berbayar.
7. Ciptakan Iklan Anda Sendiri. Jika anda telah membuat iklan di koran lokal, mungkin anda memahami betapa sebenarnya tidak efektif pemasaran tanpa berbicara atau tampilan gambar. Pemasaran melalui radio dan televisi mungkin terlalu mahal bagi anggaran untuk toko online anda, namun ada pilihan lainnya.
pemasaran melalui video online memberikan pada seorang usahawan untuk menghadirkan pesan yang ingin dicapai kepada audiens yang lebih besar dengan investasi yang kecil. Tidak seperti pemasara tradisional, memproduksi iklan online yang unik atau video untuk menyampaikan pesan atau merk toko anda yang dapat memiliki tingkat pengemablian yang benar-benar tinggi.
8. Bergabung Dengan Situs Jejaring Sosial
Situs Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter mungkin bisa atau tidak bisa membantu anda untuk menjual produk anda tetapi jika itu adalah tempat pelanggan-pelanggan anda berkumpul, mungkin anda juga perlu bergabung.
Situs Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter mungkin bisa atau tidak bisa membantu anda untuk menjual produk anda tetapi jika itu adalah tempat pelanggan-pelanggan anda berkumpul, mungkin anda juga perlu bergabung.
9. Tawarkan Sebuah Program Affliasi
Satu metode pemasaran internet yang efektif dan populer bagi retail atau pun toko online adalah program affliasi. ini merupakan suatu proses dimana pemilik toko online memberikan komisi bagi anggota affliasi nya untuk setiap penjualan atau peningkatan pelanggan sebagai sebuah hasil langsung dari pemasaran affliasi. Banyak para pemilik toko mengelola program affliasi milik mereka dengan menggunakannya sebagai pilihan pihak ketiga untuk melacak penjualan, pesanan, dan pembayaran kepada anggota affliasi. Promo affliasi secara umum menggunakan banner, tombol atau ringkasan produk yang digunakan oleh para anggota affliasi. Jumlah komisi yang diberikan bergantung kepada kesepakatan yang dibuat.
10. Berikan sesuatu. Pembeli senang mendapatkan sesuatu tetapi tidak mengeluarkan sepeser uang pun. Para pemilik toko mengetahui cara ini dengan memberikan bonus-bonus gratis sebagai alat promosi selama sepuluh tahun. Pena dan tas belanja di counter check out dengan tulisan logo toko adalah tempat yang umum bagi toko retail yang mungkin tidak terlihat sebagai bagian dari pemasaran. Sayangnya cara ini memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Tidak semua yang gratisan itu harus mahal. Keuntungan dari pemasaran online adalah menawarkan peluang kontes dengan mudah dan cepat, sampel produk dan bahkan konten promosi yang bernilai sebagai alat promosi gratis.


0 Komentar